Metode modern Keterampilan Pengajaran Listening
Metode modern yang efektif keterampilan mengajar listening mencakup segala sesuatu dari latihan interaktif untuk sumber multimedia. keterampilan mendengarkan yang terbaik dipelajari melalui sederhana, kegiatan menarik yang lebih berfokus pada proses pembelajaran dari pada produk akhir. Apakah Anda bekerja dengan sekelompok besar mahasiswa atau yang kecil, Anda dapat menggunakan salah satu contoh berikut untuk mengembangkan metode sendiri untuk mengajarkan siswa bagaimana untuk mendengarkan dengan baik.
Aktivitas Interpersonal
Salah satu cara mengancam efektif dan non bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan kuat adalah melalui kegiatan interpersonal, seperti wawancara mengejek dan bercerita. Menetapkan siswa untuk kelompok-kelompok kecil dari dua atau tiga, dan kemudian memberi mereka kegiatan mendengarkan tertentu untuk mencapai. Misalnya, Anda mungkin memiliki satu siswa mewawancarai lain untuk pekerjaan dengan perusahaan atau untuk sebuah artikel di surat kabar. Bahkan kegiatan mendongeng, seperti salah satu yang menjawab pertanyaan "Apa film favorit Anda dari tahun lalu?" dapat memberikan siswa kesempatan untuk mengajukan satu pertanyaan lain dan kemudian berlatih keterampilan mendengarkan aktif.
Kegiatan kelompok
Kegiatan kelompok yang lebih besar juga berfungsi sebagai metode bermanfaat untuk mengajarkan keterampilan mendengarkan siswa. Anda dapat mulai dengan kegiatan kelompok sederhana. Untuk bagian pertama, membagi siswa ke dalam kelompok lima atau lebih besar dan memerintahkan mereka untuk belajar satu hobi atau minat dari setidaknya dua anggota kelompok lainnya. Mendorong mereka untuk bertanya mengklarifikasi pertanyaan selama kegiatan berlangsung, dan Anda dapat memungkinkan mereka untuk mengambil catatan jika membantu. Namun, dengan berjalannya waktu dan keterampilan mereka tumbuh, Anda harus membatasi siswa untuk hanya menulis catatan setelah selesainya bagian pertama dari kegiatan kelompok.
Untuk bagian kedua, memiliki siswa duduk di lingkaran besar, dan kemudian memiliki masing-masing siswa berbagi nama dan hobi atau kepentingan anggota kelompok yang dia atau dia bertemu. Ini bagian kedua dari kegiatan kelompok juga dapat meminjamkan dirinya untuk latihan listening tambahan. Misalnya, Anda dapat meminta siswa untuk menyebutkan sejumlah hobi dan minat yang diidentifikasi selama sesi berbagi.
Segmen Audio
Anda juga dapat mengajarkan keterampilan mendengarkan melalui segmen audio program radio, podcast online, kuliah instruksional dan pesan audio lainnya. Anda harus model ini proses mendengarkan interaktif di kelas dengan siswa Anda, dan kemudian memerintahkan mereka untuk mengulangi latihan sendiri. Pertama, menginstruksikan siswa untuk mempersiapkan mendengarkan dengan mempertimbangkan apa yang mereka akan ingin belajar dari isi segmen audio. Begitu mereka telah ditulis atau berbagi ide tersebut, kemudian bermain segmen audio, yang memungkinkan siswa untuk mengambil catatan jika membantu. Begitu mereka telah mendapatkan kepercayaan diri dan pengalaman, ulangi kegiatan ini tapi menginstruksikan siswa untuk tidak mengambil catatan sampai selesainya segmen audio. Anda dapat menggunakan segmen audio yang lebih pendek atau lebih, dan Anda dapat memilih bahan lebih mudah diakses atau lebih menantang untuk jenis latihan.
Segmen Video
sumber daya lain yang membantu untuk mengajarkan keterampilan mendengarkan segmen video, termasuk sketsa singkat, program berita, film dokumenter, segmen wawancara, dan bahan dramatis dan komedi. Seperti dengan segmen audio, pilih porsi dan panjang segmen video berdasarkan tingkat keterampilan siswa Anda. Dengan siswa Anda, pertama menonton segmen tanpa suara dan membahasnya bersama-sama. Mendorong siswa untuk mengidentifikasi apa yang mereka pikir akan menjadi isi dari segmen. Kemudian, menonton segmen lagi, kali ini dengan suara, memungkinkan siswa untuk mengambil catatan jika membantu untuk tingkat keterampilan mereka. Setelah selesainya segmen video, Anda dapat memiliki siswa menulis ringkasan singkat dari segmen, atau Anda dapat mengambil waktu untuk mendiskusikan sebagai sebuah kelompok bagaimana segmen membandingkan dengan harapan siswa.
Tips instruksional
Apapun metode yang Anda gunakan untuk mengajar listening, terus beberapa tips instruksional kunci dalam pikiran yang akan membantu Anda dan siswa Anda menavigasi proses pembelajaran. Satu, menjaga harapan Anda sederhana, bahkan pendengar yang paling berpengalaman akan dapat benar-benar dan akurat mengingat keseluruhan pesan. Dua, menjaga arah Anda diakses dan membangun peluang bagi siswa tidak hanya untuk meminta klarifikasi pertanyaan, tetapi juga untuk membuat kesalahan. Tiga, membantu siswa menavigasi kecemasan komunikasi mereka dengan mengembangkan kegiatan yang sesuai dengan keahlian dan tingkat kepercayaan mereka, dan kemudian memperkuat kepercayaan mereka dengan merayakan cara di mana mereka meningkatkan, tidak peduli seberapa kecil.